Edukasi Kelautan Himakel Mengajar 2017, di Kampung Laut Kabupaten Cilacap

Mahasiswa merupakan salah satu tonggak perubahan di masyarakat. Dari 3 tridarma perguruan tinggi, 2 poinnya adalah pendidikan dan pengabdian masyarakat. Untuk mencapai hal tersebut, diperlukan adanya suatu gerakan yang memberdayakan mahasiswa untuk mau berkontribusi dalam pengembangan pendidikan di daerah pesisir Indonesia. Himpunan Mahasiswa Ilmu Kelautan (HIMAKEL) Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan UNSOED, melalu bidang Hubungan Masyarakat mencetuskan sebuah gebrakan mengajar ” Edukasi Kelautan”.

Edukasi Kelautan merupakan salah satu program kerja terbesar yang ada di Himpunan Mahasiswa Ilmu Kelautan UNSOED. Himakel Mengajar tahun 2017 merupakan kegiatan Edukasi Kelautan yang kedua kali. Edukasi Kelautan tahun 2017 ini juga dijadikan sebagai program kerja Himpunan Mahasiswa Ilmu dan Teknologi Kelautan Indonesia (HIMITEKINDO) Wilayah IV (UNSOED dan UNDIP). Kegiatan Edukasi Kelautan tahun ini bertujuan untuk berbagi ilmu tentang penting menjaga kelestarian pesisir laut dan memberikan motivasi kepada anak SMP. Sasaran dari kegatan ini adalah siswa-siswi kelas VII SMPN 2 Kampung Laut, Desa Ujung Alang, Cilacap.  Kegiatan dimulai dengan sambutan hangat dari kepala sekolah SMPN 2 Kampung Laut. Dilanjutkan oleh materi tentang motivasi menggapai cita-cita berkaitan dengan kelautan yang dibawakan oleh  Muhammad Rifat Muharam.

Materi ini bertujuan untuk menambah motivasi belajar dan cita-cita tinggi siswa-siswi. Selanjutnya mereka dibagi menjadi beberapa kelompok yang didampingi oleh tim paninitia mengajar untuk menganggambarkan cita-cita, harapan mereka kelak pada sebuah kertas dan merangkainya menjadi suatu pohon impian. Setelah itu kepala sekolah dan beberapa siswa kita ajak berdiskusi tentang bagaimana dan apa harapan mereka untuk kemajuan fasilitas pendidikan yang ada di SMPN 2 Kampung Laut, Desa Ujung Alang Cilacap.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *