SIC Episode 24 : Fenomena Brinicle, Tornado Es Bawah Laut !

Hallo Mariners, kalian tau nggak ternyata ada fenomena unik lo di bawah laut. Fenomena unik ini yaitu brinicle. Fenomena di bawah laut yang disebut brinicle sering juga dijuluki sebagai tornado es bawah laut atau jari dingin kematian. Kok bisa terjadi sih? Kira-kira apa ya penyebabnya? Jadi, Brinicle ini merupakan pembentukan es di dalam laut saat air garam yang sangat dingin terjadi di dalam laut. Fenomena ini biasanya terjadi saat musim dingin yaitu saat suhu di atas laut -20 derajat Celcius sedangkan suhu air laut hanya -1,9 derajat celcius. 

Air garam es ini mengalami pembekuan dan membentuk pipa es hingga menekan salur air garam ke dasar laut karena suhu yang sangat dingin itu.Saat mencapai dasar laut, ia akan terus menumpuk es dan air disekitarnya membeku. Air garam akan berjalan sepanjang dasar laut ke arah lereng rendah hingga mencapai titik terendah, di mana ia membuat kolam.            

Apakah fenomena brinicle ini berbahaya? Fenomena brinicle ini sangat berbahaya bagi makhluk hidup di sekitarnya, dimana dapat menyebabkan kematian banyak organisme air di dekatnya. Setiap makhluk laut yang tinggal di bawah, seperti bintang laut atau bulu babi dapat terperangkap pada jaringan es yang meluas ini, akhirnya membekukannya sampai mati.

Sumber :

https://www.indozone.id/fakta-dan-mitos/yBsYgP/fenomena-brinicle-tornado-es-bawah-laut/read-all

http://versesofuniverse.blogspot.com/2012/03/brinicle-tornado-di-bawah-es-laut.html

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *