SIC Episode 41: Tardigrade si Beruang Air Super

Halo Mariners! Hari ini kita kenalan yuk dengan salah satu hewan laut yang sangat keren yaitu Tardigrade.

Tardigrade atau yang lebih dikenal dengan beruang air karena penampilannya yang seperti beruang, kaki dengan cakar, dan gaya berjalan yang lambat. Tardigrade juga disebut “Il Tardigrado” diperkenalkan oleh Lazzaro Spallanzani pada tahun 1776 untuk menggambarkan hewan dengan gerakan yang lambat dan seperti kura- kura. Beruang air juga hanya dapat dilihat dengan bantuan mikroskop karena ukuran tubuhnya yang hanya 1 milimeter lebih sedikit.

Habitat tardigrade atau Beruang Air (water bears) berada  di dalam lumut atau pasir yang lembab, serta di dalam air tawar atau asin. Tubuh dapat dibedakan atas kepala dan badan. Badan terdiri atas 4 segmen tubuh yang berfusi. Setiap segmen tubuh memiliki sepasang kaki yang  pendek dan tebal. Kaki tersebut tidak bersegmen, namun di ujung kaki terdapat 4 sampai 9 cakar yang runcing. Hewan anggota kelas tardigrade tidak memiliki sistem sirkulasi, respirasi, dan eksresi. Namun, memiliki sistem saraf yang berkembang baik.

Nah ada fakta menarik terkait Beruang Air ini yaitu, menurut Badan Tenaga Nuklir Nasional, Tardigrade disebut sebagai hewan yang super karena bisa bertahan pada suhu panas hingga 150 derajat celcius dan sedingin -273 derajat celcius. Beruang air juga bisa hidup tanpa air selama 10-30 tahun dan tak hancur dibantai sinar radiasi. Ini artinya, beruang air mampu bertahan hidup di kedalaman 7 kilometer di bawah permukaan laut, dan 6 kilometer di atasnya. Ternyata, hewan yang dijuluki sebagai beruang air ini terdiri dari protein unik yang bisa melindungi dirinya dari radiasi berbahaya termasuk radiasi nuklir. Hewan mikrobilogis ini dapat menghadapi perubahan iklim ekstrem yang notabene bisa membunuh sebagian besar bentuk kehidupan, termasuk terpapar dingin yang ekstrem, panas yang menyengat, ruang hampa serta radiasi mematikan. Oleh karena itu seringkali Beruang Air (Water Bears) disebut si kecil super dan tangguh.

Sumber

Diane R. Nelson, Roberto Guidetti, Lorena Rebecchi. 2010.Tardigrada. Ecology and Classification of North American Freshwater Invertebrates

Galu Putri Riyanto.2019. Beruang Air Bisa Bertahan dari Serangan Nuklir, Ini Alasannya. Guntingan Berita Badan Tenaga Nuklir Nasional.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *